Pengertian Jaringan Peer to Peer atau P2P

Pengertian Jaringan Peer to Peer atau P2P

Pada artikel ini saya akan bahas mengenai jaringan peer to peer atau yang disingkat juga dengan P2P (pe dua pe). Perlu diketahui bahwa jaringan peer to peer ini adalah jaringan yang menghubungkan antar dua komputer atau lebih baik itu PC maupun Laptop yang dimana kita menggunakan kabel UTP "Unshielded Twisted Pair" atau sering juga disebut kabel LAN (Local Area Network) yang dibentuk Straight.

Pengertian Jaringan Peer to Peer atau P2P

Jaringan ini memungkinkan untuk saling berbagi kegunaan seperti contoh saya ambil dengan nama komputer teman saya, pertama komputer si Syam dan kedua komputer si Owen. Dengan terhubungnya komputer mereka berdua akan memungkinkan berbagi file baik itu Syam yang mengirim ke komputer si Owen maupun si Owen yang mengirim kepada komputer Syam. Bahkan juga dapat menggunakan printer yang sama.

Untuk Client dan Server pada jaringan peer to peer ini komputer si Syam dan Owen lah yang berperan menjadi Server maupun Client. Karena dari masing-masing komputer keduanya dapat mengirim dan juga menerima file atau berkas dari masing-masing kedua komputer tersebut.

Baca juga:
Tips Cara Mudah Untuk Membersihkan Virus Shortcut Menggunakan CMD

Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang dimiliki jaringan peer to peer ini.

Kelebihan
  • Pemasangan yang sangat mudah.
  • Berbagi file.
  • Biaya operasi murah.
  • Tidak membutuhkan software khusus untuk jaringan.
  • Dan tidak pula membutuhkan Administrator Jaringan.
  • Kelangsungan kinerja tidak tergantung kepada server, apabila salah satu komputer mengalami kerusakan atau pun gangguan maka komputer yang lain tidak mengalami gangguan.
Kekurangan
  • Tidak baik untuk menggunakan jaringan peer to peer dalam skala yang besar karena menyebabkan jaringan tidak terkontrol.
  • Setiap Server maupun Client harus benar-benar menjaga untuk tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Contohnya komputer 1 mengirim virus secara tidak sengaja ke komputer 2.
  • Tingkat keamanan yang minim karena keamanan terletak pada masing-masing fasilitas komputer tersebut yang dimiliki.
Kalo ditanya pak/ibu guru mesti jawab apa? jawab aja gini:
Jaringan peer to peer adalah jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih masing-masing komputer bertindak sebagai client dan server yang dapat berbagi berkas atau file serta printer hingga internet.

Kalo salah berarti emang gurunya kurang pengetahuan

Diposting oleh Edit Post

Free responsive blogger templates
Random PostsLainnya...

    0 komentar: